Pada masa sekarang ini dimana persaingan sudah semakin ketat, kepemilikan atas pelanggan semakin penting bagi bisnis. Hal ini sangat berkaitan dengan salesman karena salesman adalah pihak yang langsung berhadapan di pasar dan yang pertama kali merasakan efek dari persaingan dimana performance penjualannya akan semakin terganggu jika hanya mengandalkan jumlah outlet yang ada. Pertambahan outlet baru sangat penting bagi salesman, hanya saja ada keterbatasan waktu yang dimiliki sehingga apabila jumlah kunjungan salesman sudah mencapai diatas 30 pelanggan per hari maka waktu yang dimiliki untuk mencari pelanggan baru relative sedikit, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk meraih pelanggan baru tidaklah sedikit karena salesman harus memperkenalkan produk dan meyakinkan bahwa produk yang dibawanya laku di pasar pelanggan tersebut. Menghadapi dilema ini salesman dapat mengambil alternative dengan mencari partner, partner adalah orang ketiga yang salesman percayakan untuk mendistribusikan produknya pada area yang dikuasai oleh orang ketiga tersebut. Bentuk dari partner bisa saja berupa grosir aktif, free lance atau orang yang belum mempunyai produk akan tetapi mempunyai kemampuan dan keinginan untuk berbisnis distribusi. Salesman harus berhati – hati dalam memilih partner karena kesalahan dalam pemilihan ini akan berakibat fatal terhadap bisnis dari produk salesman. Berikut adalah beberapa tips dalam memilih partner yang baik Tujuan dari tips ini adalah agar terjadi harmonisasi antara area yang dimiliki salesman dan area yang dimiliki oleh partner. Sedangkan arti dari jarak yang relative jauh bisa berarti jarak tempuh seperti 50 km atau 2 jam perjalanan atau jam operasi yang berbeda seperti memilih partner untuk melayani area di area salesman yang jam bukanya pukul 18.00 ke atas. Secara garis besar tipe toko terutama grosir terbagi 2 bagian yaitu aktif dan pasif. Grosir aktif adalah grosir yang melayani pelanggannya secara langsung dengan mendatangi mereka, hal ini dapat dilihat dari armada transportasi seperti becak, mobil pick up ataupun truk kecil yang dimiliki grosir saat kita mengunjungi mereka. Tipe pasif adalah grosir yang menunggu pelanggan mendatangi mereka, biasanya tipe grosir ini banyak ditemui di pasar tradisonal yang relative besar. Pilihan pada tipe aktif akan mempercepat proses penetrasi produk, karena semua pelanggan dikunjungi partner maka salesman sudah dapat memperkirakan waktu penetrasi produk, tipe konsumen pembeli produk serta potensi pasar tidak lama setelah proses penetrasi berlangsung. Biasanya kalau salesman datang ke sebuah area yang selama ini tidak dilayaninya dan kemudian bertanya kepada toko-toko yang relative menengah ke bawah, maka salesman akan dengan segera mendapatkan beberapa nama grosir besar yang melayani mereka. Grosir ini biasanya memberikan berbagai macam jasa selain produk seperti banyaknya varian produk, trading term yang fleksibel maupun kunjungan yang teratur. Dari beberapa nama ini pilih yang paling terkenal dan berpengaruh karena dengan pilihan tersebut salesman langsung akan mendapatkan base konsumen yang loyal serta kredibilitas partner yang tinggi. Setelah mendapatkan list partner, maka hal terakhir yang harus di check adalah kemauan serta kemampuan partner. Hal ini juga berarti kemampuan financial serta distribusi. Hal ini perlu karena produk salesman baru di pasar tersebut sehingga membutuhkan perhatian lebih dari partner, apabila partner sudah memiliki produk yang banyak maka hal ini agak mengganggu proses penetrasi produk salesman. Perusahaan sudah menyadari pentingnya expansi melalui penambahan pelanggan baru bahkan ada beberapa perusahaan yang menerapkan scheme incentive bagi salesman atas pencapaian jumlah pelanggan baru. Pemilihan partner bagi salesman adalah pilihan jitu, apalagi jika load nya salesman sudah cukup tinggi. Dengan pemilihan partner yang tepat serta bimbingan terus menerus dari salesman maka secara smart jumlah pelanggan baru akan bertambah.
Tips dalam memilih partner
Pilih area yang memiliki jarak relative jauh dari area salesman
Pilih partner yang aktif
Toko atau orang yang berpengaruh di area tersebut.
Memiliki Kemampuan dan Kemauan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment