Tehnik Dasar Menjual

Tugas seorang salesman adalah menjual produk , berkaitan dengan ini diperlukan berbagai macam keahlian seiring dengan berkembangnya tehnologi, pengetahuan pelanggan dan preferensi konsumen. Keahlian ini tidak begitu saja dimiliki oleh seorang salesman akan tetapi dibutuhkan pengalaman dan pembelajaran yang berkelanjutan.

Dari berbagai macam keahlian yang sebaiknya dimiliki oleh seorang salesman, ada beberapa tehnik dasar yang harus diketahui dan dilakukan oleh salesman dalam menjual produknya.

  • Antusias dalam menjual produk

    Dalam menjual produk, salesman harus antusias. Banyak proses pembelian produk disebabkan faktor emosi atau pada saat pelanggan antusias atas produk tersebut. Untuk membuat pelanggan pada level antusias, salesman juga harus memiliki sikap yang sama. Hal ini dapat dicapai apabila salesman mengerti akan produk knowledge lengkap dengan atributnya, keuntungan menjualnya dan manfaat yang diperoleh dari produk tersebut. Setelah itu, salesman yakin jika produk yang dibawanya akan laku dijual dan akan laku di toko pelanggan dengan melihat beberapa faktor yang lekat dengan atribut produk.

    Jangan harapkan pelanggan antusias jika salesman tidak yakin atas produk yang dijualnya.

  • Menghubungkan produk dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan

    Menjual dengan sukses tidak datang dari proses meyakinkan dan mempengaruhi. Menjual sukses dapat diraih dari proses mengerti atas kebutuhan dan keinginan pelanggan dan menghubungkan keduanya dengan produk. Hal ini dapat dilakukan dengan melontarkan pertanyaan kepada pelanggan mengenai kebutuhan, keinginan serta masalah yang dihadapi kemudian sedemikian rupa kita kaitkan dengan atribut yang dimiliki produk kita, sehingga kita bisa memberikan solusi melalui pembelian produk kita.

  • Berikan pengalaman menggunakan produk pada pelanggan

    Hal ini berkaitan dengan emosi, ajak pelanggan menggunakan produk melalui free sampling atau free testing sehingga pada saat kita menjelaskan fitur kunci, pelanggan langsung merasakannya. Point penting dalam menjelaskan fitur kunci pada point ini adalah dengan menggunakan kata seolah- olah pelanggan sudah memiliki produk tersebut sehingga faktor emosi untuk pembelian produk akan meningkat.

  • Kunjungi pelanggan secara rutin

    Tehnik lainnya adalah mengunjungi pelanggan secara rutin, terlepas dari apakah dia membeli produk atau tidak. Hal ini akan menimbulkan kesan bahwa pelanggan selalu diperhatikan dan akan meningkatkan loyalitas mereka kepada produk kita.

  • Kuasai pengetahuan atas pelanggan dan perusahaan

    Pengetahuan atas pelanggan sangat penting sehingga kita dapat berbicara dengan bahasa pelanggan pada saat kunjungan, berbicara dengan orang yang tepat serta berkunjung pada waktu yang tepat. Sedangkan pengetahuan atas perusahaan akan memudahkan kita dalam menghubungkan pelanggan dengan produk kita karena setiap perusahaan mempunyai peraturan atas kredit dan cara pembayaran selain aktivitas promosi yang biasa dilakukannya.


     

Tehnik dasar diatas tidak datang langsung dari langit ataupun langsung ada pada saat salesman dilahirkan. Tehnik tersebut datang dari pengalaman dan pengetahuan yang berkelanjutan. Semakin kuat kita mengasah dengan berlatih setiap hari maka semakin mantap kita dalam proses menjual sehingga mencapai hasil yang optimal


 

No comments: