Dasar Merchandising

Pada saat ini dimana persaingan sangat ketat dan munculnya beragam produk baru dalam waktu yang relative singkat, keberadaan produk pada toko pelanggan saja tidaklah cukup. Seiring dengan tingkat persaingan, saat ini semakin banyak keputusan pembelian dilakukan berdasarkan impulse. Menyadari kenyataan ini maka salesman harus menyadari pentingnya merchandising yaitu dengan memajang produknya secara menyolok di toko pelanggan.

Penting bagi salesman untuk mengetahui dasar dari merchandising agar tujuan utamanya tercapai, dan berikut adalah beberapa aktivitas dasar yang sebaiknya dilakukan salesman dalam melakukan merchandising

  1. Pilih tempat yang paling mencolok

    Pilihan tempat sangat mempengaruhi efek merchandising, dimana tempat terbaik adalah tempat dimana pelanggan dapat langsung melihat pajangan produk kita pada saat masuk ke toko. Pilihan tempat yang sesuai adalah dibelakang kasir dan harus pada tempat kategori produknya. Misalnya jika produk kita minyak goring maka harus pada rak minyak goreng. Hal ini disebabkan konsumen tidak mungkin mencari minyak goreng pada rak susu bayi.

  2. Pajangan tersusun rapi dan sesuai dengan jenisnya

    Pada saat memajang produk harus sesuai dengan jenisnya dan tidak tercampur dengan produk lain, misalnya untuk kemasan 200 gr harus sejenis semua, jangan dicampur dengan kemasan lain karena akan menghilangkan kesan mencolok selain memastikan pajangan produk tidak dalam keadaaan kosong.

  3. Pajangan harus bersih

    Konsumen pasti tidak akan membeli produk yang kotor maupun rusak, maka salesman harus memastikan produk seperti itu tidak ada dalam pajangannya.

  4. Tempatkan aktivitas promosi dan harga

    Tempatkan harga jual produk kita pada rak pajangan dan aktivitas promosi jikalau ada, kedua hal ini akan semakin meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk


     

Tujuan utama dari merchandising adalah meningkatkan peluang membeli konsumen yang kebanyakan didasarkan oleh impulse. Pada saat ini memang sudah agak sulit karena perkembangan produk dan persaingan tidak sepadan dengan berkembangnya space di toko, selain hubungan baik antara salesman dengan pelanggan cara lain yang lebih ekstrem adalah dengan membuat kontrak space dengan pelanggan dan melakukan aktivitas display kontes.

No comments: