Alternatif dalam meningkatkan penjualan

Target adalah hal yang biasa bagi salesman, semua salesman memiliki target dan pencapaian target tersebut menjadi tolok ukur atas kinerja salesman. Hanya saja dalam proses pencapaian target tidaklah mudah, kesuksesan mencapai target pada periode lalu tidak akan menjamin pencapaian target saat ini, karena target terus tumbuh dan hanya melakukan kegiatan yang sama seperti tahun lalu hanya akan mencapai angka yang sama, atau tidak mencapai target saat ini.

Perlu tambahan penjualan melalui tambahan aktivitas baik melalui pelanggan atau konsumen yang kita miliki saat ini atau dari yang baru. Aktivitas seperti consumer promo, costumer promo, pembukaan pasar baru maupun peningkatan produktifitas merupakan solusi yang baik untuk menutup gap dan mencapai target penjualan sebagai berikut:

  • Consumer Promo

Tujuan dari consumer promo adalah meningkatkan awareness dari konsumen atas produk kita serta merangsang konsumen untuk membeli produk kita dan menggunakan produk kita tersebut dalam kehidupan sehari – hari. Aktivitas ini sifatnya ATL dan banyak menghabiskan biaya promosi, sedangkan jenisnya adalah produk sampling, iklan di media cetak dan elektronik ataupun hadiah yang lekat dengan produk.

  • Costumer Promo

Tujuan utama dari costumer promo adalah peningkatan penjualan secara vertical dan biasanya dilakukan pada existing outlet. Tipe dari costumer promo adalah program pajangan atau pemberian reward atas pencapaian penjualan.

  • Pembukaan Pasar baru

Pembukaaan pasar yang baru erat kaitannya dengan konsumen atau pelanggan baru dan biasanya dibutuhkan lebih banyak biaya dibandingkan costumer promo. Aktivitas yang berkaitan dengan ini antara produk sampling, tambahan salesman baik secara langsung maupun melalui pihak ketiga serta program penetrasi pasar.

  • Peningkatan Produktifitas

Produktifitas bagi salesman adalah jumlah outlet yang melakukan transaksi, sehingga semakin tinggi angka produktifitas maka semakin tinggi penjualan dari salesman dan semakin kokoh pondasi penjualan salesman tersebut.


 

Keempat hal di atas adalah alternatif yang dapat dipilih salesman untuk memperbaiki penjualan dan mencapai target. Akan tetapi langkah pertama yang harus diambil adalah melakukan analisa terhadap kemampuan dari outlet yang ada sekarang serta menentukan gap yang akan diambil. Setelah itu kita tinggal memilih apakah memakai satu ataau beberapa alternative diatas yang sesuai dengan pasar dan konsumen kita untuk menutup gap dan mencapai target.

No comments: