Percaya Diri

Semua kegiatan membutuhkan pengetahuan, begitu juga dengan kegiatan menjual produk yang dilakukan salesman. Banyak jenis pengetahuan yang berkaitan dengan kegiatan ini mulai dari produk, pasar sampai dengan pelanggan. Akan tetapi sebenarnya semua pengetahuan yang berkaitan dengan salesman mengarah ke satu modal utama yang wajib dimiliki salesman yaitu Percaya Diri.

Percaya diri menjadi modal utama salesman disebabkan karena faktor utama dalam pembelian produk adalah emosi yaitu bagaimana produk tersebut berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, dengan kepercayaan diri yang tinggi salesman akan dengan bersemangat masuk ke toko pelanggan dan menjelaskan bagaimana fitur, keuntungan dan manfaat produk berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Jangan berharap pelanggan akan membeli produk jika salesman tidak percaya diri dan bersemangat dalam menjelaskan keunggulan produk yang dimilikinya.

Melihat pentingnya faktor percaya diri ini bagi salesman, maka perlu dilihat beberapa faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri salesman sebagai berikut:

  1. Pengetahuan atas produk

    Sebelum berangkat mengunjungi pelanggan sebaiknya salesman menguasai produknya terlebih dahulu. Hal penting dalam penguasaan produk seperti fitur produk seperti ukuran kemasan serta variasi produk dan keuntungan dalam menjual produk seperti margin per karton, produk berkualitas, banyak ragam aktivitas dan pengantaran tepat waktu akan sangat membantu salesman dalam membangun kepercayaan dirinya.

  2. Pengetahuan tentang pasar

    Dengan penguasaan pasar yang baik, salesman akan mengetahui tipe pelanggan mana yang paling banyak membeli produk, tipe pelanggan mana yang merupakan end costumer serta tempat mereka berada. Dengan pengetahuan ini salesman dapat membuat benchmarking atas kesuksesan dalam menjual produknya sehingga apabila ditemukan masalah di pelanggan, salesman dengan penuh percaya diri dapat memberikan solusi yang tepat.

  3. Pengetahuan atas pelanggan

    Pengetahuan atas pelanggan seperti tipe key costumer, tipe produk yang dijual, potensi pasar dan perkiraaan jenis konsumen di toko pelanggan tersebut juga dapat meningkatkan kepercayaan diri salesman dimana dengan bermodalkan pengetahuan pembicaraan dengan pelanggan tidak hanya sebatas produk yang dibawa salesman melainkan berkembang kepada bisnis total pelanggan. Hal ini akan memberikan added value bagi salesman dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

  4. Pengalaman

    Pengalaman sangat menetukan kepercayaan diri salesman, semakin lama waktu yang dihabiskan salesman di pasar untuk melatih dan meningkatkan ketiga pengetahuan di atas akan membuat salesman makin percaya diri.


     

Keempat faktor di atas merupakan faktor kunci dalam proses peningkatan kepercayaan diri salesman, semakin kuat salesman pada faktor tersebut diatas, maka semakin kuat pula kepercayaan dirinya. Kunci terpenting dalam meningkatkan kepercayaan diri adalah konsistensi dalam memperbaiki pengetahuan salesman atas produk, pasar dan pelanggannya serta menerapkannya dalam kegiatan menjual sehari – hari.

No comments: