Pentingnya mencek stock pelanggan

Stock adalah hal yang penting dalam penjualan, baik di gudang kita maupun di toko pelanggan. Apabila stok kita tidak cukup maka sudah pasti kita akan kehilangan penjualan sedangkan jika stok berlebih maka turn over cash flow akan terganggu dikarenakan investasi yang tertanam pada stok tersebut. Oleh sebab itu, perusahaan dengan skala menegah ke atas menyediakan department khusus untuk menjamin ketersediaan stok yang sehat.

Untuk perusahaan memang biasanya sudah ada, tapi bagaimana dengan toko? Dikarenakan kebanyakan toko terutama yang tradisional, biasanya tidak terorganisir dengan baik maka stok mereka pun tidak terjaga dengan baik sehingga potensi terjadinya bad stok dan kehilangan potensi penjualan pun akan meningkat. Hal ini dapat diantisipasi apabila salesman melakukan check stock pada setiap pelanggannya.

Check stock sebaiknya dilakukan pada awal kunjungan, sebelum salesman melakukan order barang. Hal ini dimaksudkan agar kita tahu berapa potensi produk yang ada di pelanggan kita dengan melihat jumlah stok, baik di gudang maupun di rak pajangan serta melihat apakah ada produk yang bad stok atau mendekati masa expired.

Melihat potensi outlet dapat dilihat dari stoknya apabila kita menempatkan stok yang sama pada setiap kunjungan kita. contohnya dari beberapa kunjungan kita maka disepakati dengan pelanggan jikalau rata –rata penjualannya adalah 2 unit maka disepakati jumlah stok yang memadai adalah 3 unit untuk antisipasi lonjakan permintaan. Jika pada saat kunjungan kita yang 3 unit itu habis dan hal ini terjadi dalam beberapa kunjungan kita maka potensi pelanggan sudah naik menjadi 3 unit sehingga stok yang kita sarankan menjadi 5 unit.

Posisi produk kita dibandingkan pesaing juga dapat dilihat dari jumlah pajangan di rak pelanggan apabila tidak ada aktivitas display. Dengan memperhatikan quantitas produk yang di rak serta posisi pajangan akan terlihat laku/tidaknya barang di toko tersebut. Toko/pelanggan biasanya akan memberikan porsi yang lebih atas produk yang turnovernya lebih cepat.

Sedangkan untuk monitor produk yang akan expired juga harus dilakukan, segera tarik barang yang sudah expired dan barang yang mendekati expired sehingga potensi konsumen complain dapat dihindari dan image produk kita tetap terjaga.

No comments: