Strategi Effektif dalam Menjual produk yang mahal

Seiring dengan tingkat inflasi yang tinggi, harga BBM membumbung naik dan diiringi juga dengan kenaikan bahan pokok, maka banyak konsumen yang menjadi price sensitive. Hal ini dapat berupa peralihan ke produk yang lebih murah atau tetap mengkonumsi produk yang sama dengan frekwensi yang lebih rendah.

Bagi kita tenaga penjual, hal ini sangat tidak menguntungkan apalagi jikalau kita menjual produk yang relatif mahal dibandingkan competitor. Perlu strategi yang jitu agar dalam proses penjualan berjalan dengan baik dan mengurangi penolakan dari pelanggan atas produk kita.

Berikut adalah beberapa tips dalam situasi tersebut diatas:

  • Fokus pada value dari produk

    Pelanggan ataupun konsumen tidak membeli fisik dari produk kita mereka membeli valuenya. Value dari produk bisa berupa qualitas produk, banyaknya permintaan konsumen atas produk tersebut, program promosi sampai dengan penanganan produk sub standard dan pengiriman on time. Kumpulkan semua sisi positif yang menghasilkan added value bagi pelanggan kita dan sampaikan pada setiap kunjungan kita ke pelanggan.

  • Pengalaman pelanggan lain dalam menjual produk kita

    Dalam kunjungan kita, ada baiknya jika kita menyampaikan pengalaman sukses pelanggan kita yang lain dalam menjual produk kita termasuk tips – tips yang digunakan dalam menjual. Hal ini akan meningkatkan semangat pelanggan dalam menjual produk kita apalagi jika pelanggan yang kita ceritakan memiliki pasar yang sama sehingga tips nya dapat segera dijalankan dan penjualan kita di toko tersebut akan meningkat.

  • Perhatikan harga jual

    Harga jual sangat mempengaruhi penjualan, begitu harga jual menjadi tidak terkendali maka penjualan pasti menurun seiring dengan berkurangnya kepercayaan outlet atas produk kita. Maka perhatikan harga jual dan letakkan rekomndasi harga jual ke konsumen kita pada toko.


     

Menjual produk yang relative mahal tidaklah sesulit yang dibayangkan, banyak perusahaan ataupun merk yang telah berhasil dalam menjual seperti rokok Dji sam soe atau mobil mercedez. Intinya adalah bagaimana kita connect dengan pelanggan kita dengan cara yang benar dan tepat.

No comments: