Strategi Promosi gimmick yang Effektif

Seiring dengan semakin ketatnya persaingan dalam penjualan produk terutama pada bidang fast moving consumer good, promosi memegang peranan yang sangat penting, baik promosi dalam bentuk iklan di media, penempatan SPG di toko - toko yang memiliki potensi penjualan tinggi serta produk promosi atau biasa disebut gimmick yang biasanya di banded dengan produk, disertakan sebagai give away dalam aktivitas pameran maupun pada event yang dilakukan oleh perusahaan.

Kali ini saya ingin memberikan penekanan pada gimmick atau produk yang biasanya diikutkan dalam paket penjualan dengan produk yang dijual. Hal ini merupakan suatu faktor yang penting karena produk tersebut dibawa pulang oleh konsumen sehingga experience konsumen dalam menggunakan feature dan benefit dari produk promosi itu sangat berpengaruh terhadap kesan konsumen pada produk yang kita jual.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh marketer dalam melakukan perencanaan dan eksekusi atas promosi dengan meggunakan gimmick

1. Distribusi yang Efektif
Biasanya promosi dengan gimmick ini memiliki periode tertentu dan di lain pihak marketer harus bisa melakukan distribusi gimmick ini pada semua toko yang dituju tepat waktu.
Untuk Mencapai hal tersebut maka 2 hal perlu dipastikan, pertama distribusi dari central ke area dimana kita harus melakukan koordinasi dan monitoring yang ketat terhadap pihak ekspedisi dan kedua distribusi kepada toko yang kita tuju, untuk ini maka perlu dipastikan salesman membawa gimmick tersebut ke toko yang dituju sesuai dengan jadwal yang disepakati.

2. Perhatian kepada Keinginan Konsumen pada pasar yang kita layani
Untuk mendulang sukses maka kita harus mau mendengar konsumen kita termasuk gimmick. Usahakan mendapat feed back secara periodik baik dari konsumen maupun salesman kita tentang preference konsumen atas gimmick karena gimmick yang menarik bagi konsumen secara otomatis akan meningkatkan penjualan

3. Hindari fokus terhadap harga
Setiap promosi itu memang memiliki budget, sehingga semakin kecil biaya yang digunakan atau semakin kecil cost ratio semakin baik bagi profit. Akan tetapi perlu diingat juga jika gimmick ini merupakan perwakilan produk kita kepada konsumen sehingga qualitasnya secara langsung berkaitan dengan produk kita.
Contohnya jika kita menjual sebuah produk yang harganya mahal dan memberikan extra gimmick berupa pulpen, akan tetapi pulpen tersebut tidak bisa digunakan lagi dalam 2 hari mendatang maka sudah dapat dibayangkan kesan dan persepsi konsumen atas produk kita.

4. Sesuai dengan target market
Banyak gimmick yang menarik diluar sana tapi ingat selalu cari gimmick yang sesuai dengan target market, dengan begitu effect nya bisa maksimal misalnya produk susu untuk anak sebaiknya gimmicknya juga sesuai seperti tempat minum anak atau lunch box, Sebaliknya produk susu untuk orang tua maka gimmicknya bisa gelas atau steps counting device

5. Terdapat Informasi atas produk yang dijual
Jika keempat point diatas sudah terpenuhi maka step terakhir pada gimmick kita adalah mencantumkan brand kita.biasanya kalo di Indonesia dicantumkan logo dari produk, hal ini sangat jitu karena gimmick itu benar - benar mereka pakai dalam kehidupan sehari - hari maka konsumen tersebut akan terus mengingat kita.
belum lagi jika dipakai konsumen untuk anaknya sekolah dipinjamkan ke tetanggan atau saudaranya hal ini akan mengakibatkan naiknya brand awareness produk kita.

Semoga tips diatas bisa membantu dalam melakukan promosi gimmick yang effektif dan meningkatkan penjualan produk kita









No comments: