Tips Untuk Bisnis Rumah Makan

Di kota saya yaitu Medan yang katanya terkenal dengan kulinernya, tentunya banyak sekali muncul rumah makan baru baik yang skala kecil, menengah maupun besar, Bahkan ada satu jalan di Medan yang hampir seluruh jalan itu sebagian besar adalah Rumah Makan.

Melihat dari sisi bisnis atas rumah makan ini memang cukup menjanjikan, dari sisi prospek konsumen produknya itu yaitu makanan bukan saja kebutuhan primer akan tetapi juga sebagai tempat berkumpul dan bersosialisasi. Sedangkan dari sisi margin bisnis ini cukup bagus dengan angka margin yang bisa mencapai diatas 30%

Nah, tapi tentunya seperti semua bisnis tentunya ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis supaya bisnisnya bisa maju karena pemain di bisnis ini luar biasa banyaknya mulai dari yang sangat tradisional seperti lontong sayur untuk sarapan pagi sampai pemain kelas dunia seperti Kentucky fried Chicken, pizza hut dan Mc D

Bagaimana supaya kita bisa bertahan dalam bisnis ini?, berdasarkan pengamatan saya atas bisnis kuliner di Medan mereka yang suskes biasanya memiliki hal - hal berikut ini

1. Memiliki Menu Andalan.
Sepertinya hal ini mutlak sekali karena banyak rumah makan yang memiliki Menu Andalan ramai dikunjungi orang, contohnya Ayam Penyet Joko Solo, Mie Sop Ayam Kampung,Iga Iga bakso dengan olahan iga sebagai menu andalannya.
mereka sengaja membuat menu andalannya sebagai nama rumah makannya sehingga menarik bagi konsumen dan tampil berbeda dari pesaing lainnya.

2. Harga yang Sesuai
Strategi Harga sangat berperan sekali dalam bisnis makanan, misalnya saja Ayam Penyet, sekarang ini kan yang namanya ayam penyet itu sudah banyak wujudnya seperti ayam penyet sambal ijo, ayam penyet presto, dan ayam - ayam penyet lainnya. Biasanya konsumen itu membandingkan kalau harga ayam penyet sambal ijo itu sekitar Rp. 12.000 maka jika di ayam penyet lainnya itu Rp. 20.000 maka sudah dinilai kemahalan.

3. Fasilitas yang memadai
Fasilitas ini sangat mendukung bisnis, standardnya kalau rumah makan itu adalah washtafel dan toilet kemudian saat ini disaat internet sudah booming maka banyak rumah makan yang menyediakan Wifi bahkan ada yang pakai AC dan tempat bermain segala.
semuanya sebenarya ditujukan agar tercipta kenyamanan bagi para konsumen saat menyantap makanan.
Note untuk fasilitas ini adalah pastikan mereka semua layak pakai dan bersih, bersih adalah hal yang sangat wajib dimiliki oleh setiap rumah makan yang sukses.

Menurut saya dengan ketiga hal diatas kemudian didukung oleh keramahtamahan dalam menyambut dan melayani konsumen akan menciptakan buzz word of mouth yang sukses dan pada gilirannya akan membuat bisnis rumah makan bisa berkembang pesat.





No comments: