Tips Salesmanship : Sell Your Self First

"Orang tidak akan membeli dari anda, sebelum mereka membeli anda"

Quote diatas saya dengar dari seorang motivator terkenal di Indonesia yaitu Mario Teguh. Quote ini sungguh sesuai sekali dengan seorang salesman yang melakukan penjualan baik jasa maupun produk.
Hal yang ingin saya bicarakan disini adalah bagaimana salesman dapat menjual dirinya dulu kepada konsumen sebelum konsumen atau pelanggan membeli produk darinya atau kalu disingkat penampilan seorang salesman yang effektif.

Penampilan salesman itu mau tidak mau sangat berpengaruh terhadap keputusan membeli seorang konsumen, bayangkan saja jika seorang salesman yang menjual suatu produk kosmetik misalnya akan tetapi penampilannya sunnguh kacau seperti penampilan yang tidak rapi, ataupun memakai baju sekenanya saja maka bisa dipastikan konsumen akan melakukan penolakan atau jika seandainya salesman itu menjual sebuah produk elektronik akan tetapi si salesman tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan produk tersebut serta fitur yang bisa membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhannya maka penolakan juga akan terjadi pada salesman tersebut.

Beberapa tips berikut bisa membantu salesman dalam menjual dirinya kepada konsumen sehingga jika konsumen sudah menyukai salesman tersebut maka penolakan dari konsumen tersebut dapat di minimalisir :

1. Penampilan Fisik yang Baik
Hal ini termasuk cara berpakaian serta tutur kata yang baik dalam melakukan komunikasi dengan konsumen.
Selalu usahakan berpakaian secara pantas dan rapi, rambut tersisir rapi dan bagi jika salesmanya adalah seorang wanita maka pakailah make up yang sesuai.
Selain tampil rapi, yang harus diperhatikan adalah tutur kata, hindari kata - kata yang terlalu pasaran atau bahasa slang selain itu gunakan intonasi bicara yang jelas dan kecepatan bicara yang wajar sehingga apa yang anda katakan mudah dimengerti oleh konsumen.

2. Penguasaan Produk yang Mumpuni
Sebagai salesman atas produk yang kita jual, maka didepan konsumen salesman haruslah menjadi pakar paling ahli atas produk tersebut. salesman harus menguasai bukan saja fitur serta benefit yang ada pada produk tetapi penguasaan atas perusahaan yang membuat produk atau menyediakan jasa serta hal - hal yang memiliki kaitan dengan produk tersebut seperti produk sejenis dari kompetitor sampai aksesoris yang berkaitan dengan produk tersebut harus dikuasai oleh salesman tersebut.

3. Penguasaan Pasar yang Baik
Salesman yang disukai konsumen itu adalah salesman yang memiliki pengetahuan atau wawasan yang luas, bukan saja pengetahuan atas produk akan tetapi pengetahuan tentang industri dimana dia bekerja.
Hal ini akan melengkapi kebutuhan konsumen atas informasi yang dibutuhkan dari produk ataupun jasa yang dijual konsumen sehingga proses pembelian akan menjadi relatif mudah.
Hal lain adalah, kebanyakan konsumen suka diberi saran dan saran yang mereka minta itu biasanya bersifat umum atau tidak tertuju hanya pada produk yang dijual salesman, terkadang malah mereka bercerita kepada kita atas produk kompetitor, nah jika kita tidak memiliki pengetahuan yang baik atas industri dimana kita bekerja maka feed back kita kepada konsumen pun tidak berbobot sehingga menyebabkan mereka enggan untuk melakukan hal yang sama kepada kita.
Pointnya adalah semakin baik interaksi kita dengan konsumen atau calon konsumen semakin besar pula kemungkinan dia membeli dari kita.

Tiga hal diatas adalah beberapa tips dari saya bagi salesman untuk dapat menjual dirinya dulu kepada konsumen sebelum mereka membeli produk. Semakin mereka menyukai kita semakin besar peluang untuk transaksi pembelian




No comments: