Alat Bantu Salesman

Tugas utama saleman adalah menjual produk dan melalui berbagai macam proses mulai dari pengenalan produk, menyarankan pesanan barang sampai dengan mencatat order dan pengantaran barang. Melihat banyaknya proses yang dilakukan salesman dalam menjual produk, dibutuhkan alat bantu supaya proses tersebut dalam berjalan lancer dan tujuan utama salesman dapat tercapai dengan effektif.

Beberapa alat bantu yang dapat digunakan salesman dalam proses menjual adalah sebagai berikut:

  1. Produk catalog

    Produk catalog sangat berguna pada saat pengenalan produk, terutama apabila produk yang dimiliki salesman memiliki banyak SKU. Dengan menggunakan produk catalog pelanggan akan mendapat gambaran secara visual atas produk baik warna, ukuran maupun kemasan. Sehingga salesman tinggal menyampaikan keunggulan serta manfaat dalam menjual produk.

  2. Record pembelian pelanggan

    Salesman wajib memiliki record ini, minimal dalam 3 minggu terakhir. Record ini dapat digunakan selain untuk memberikan saran atas pembelian juga berguna untuk menganalisa trend penjualan salesman. Salesman dengan segera akan mengetahui problem penjualan pelanggan jika pembeliannya dibawah rata-rata dan mengetahui kenaikan potensi penjualan apabila pembeliannya diatas rata-rata.

  3. Daftar Harga

    Kapasitas ingatan salesman terbatas. Jika produk salesman memiliki banyak SKU daftar harga akan sangat membantu.

  4. Daftar Aktivitas yang berjalan

    Biasanya banyak dipakai oleh perusahaan consumer good atau perusahaan yang memiliki banyak aktivitas pada periode tertentu. Karena aktivitas biasanya dibedakan atas tipe pelanggan maka daftar aktivitas sangat membantu salesman dalam memberikan aktivitas yang tepat pada tiap pelanggannya.

  5. Buku catatn dan Invoice

    Buku catatan digunakan salesman untuk mencatat hal – hal yang terjadi di luar rutinitas seperti complain pelanggan, aktivitas competitor maupun peluang baru yang ditemukan pada toko pelanggan. Sedangkan invoice digunakan untuk mencatat pembelian pelanggan.

Kelima hal diatas adalah alat bantu yang membantu salesman dalam menjalankan tugasnya secara effektif. Kunci utamanya tetap pada salesman dalam menggunakan alat bantu ini secara optimal sehingga menghasilkan performance sales yang maksimal.

No comments: