Strategi Discount yg Terbukti Meningkatkan Penjualan

Discount atau pemotongan harga adalah sebuah strategi yang digunakan oleh para pemasar dalam menarik jumlah pembeli. Biasanya efek dari strategi ini cukup signifikan dimana kita bisa mendapatkan banyak penjualan dalam waktu yang singkat.
Akan tetapi ada beberapa rambu yang harus diperhatikan oleh para salesman agar strategi ini tidak malah merugikan produk yang kita jual sebagai berikut :

1. Lakukan Pada Waktu yang terbatas
Tetapkan hanya pada periode tertentu misalnya 1 bulan atau maksimal 3 bulan. Penetapan strategi discount yang terlalu lama akan mengurangi rasa "merasa untung " pembeli sehingga mereka tidak tertarik lagi dengan program sicount berikutnya dan fatalnya lagi jika timbul opini kalau produk kita sudah turun harga.

2. Jangan lakukan pada saat stock produk kita di pelanggan tinggi
Hal ini akan memancing kemarahan pelanggan kita karena mereka merasa tidak bisa menjual stok produk mereka dengan adanya discount baru.

3. Lakukan pada saat peluncuran produk Baru
Produk baru biasanya mengalami penolakan dari pelanggan karena mereka biasanya berani invest pada produk yang turnovernya tinggi dan dikenal oleh pembeli mereka. Dengan menerapkan discount maka kita akan menempatkan harga kita lebih dekat atau dibawah pesaing terdekat sehingga menimbulkan rasa percaya diri pelanggan.

Demikianlah rambu - rambu yang harus kita perhatikan jika ingin menerapkan strategi discount agar hasilnya optimal bagi produk kita dalam meningkatkan penjualan

No comments: