5 Tips Untuk Mengoptimalkan Motivasi Bekerja

Motivasi bekerja biasanya naik turun sesuai dengan irama kita bekerja dalam suatu perusahaan. Biasanya pada awal kita bekerja semangat kita sangat lur biasa akan tetapi biasanya menurun sesuai lamanya kita berada di perusahaan tersebut.
Motivasi yang menurun sangat berbahaya bagi kita, karena akan menurunkan produktivitas dan membuat tujuan kita tidak tercapai.
Berikut adalah 5 tips dari Lyndsay Swinton untuk mengisi lagi motivasi kerja kita agar mencapai titik optimal :

1. Kobarkan ambisi kita dalam bekerja
Keinginan untuk bekerja keras akan sangat terasa jika imbalan untuk mengesankan dan membuktikan diri kita terbaik sangat tinggi. Akan tetapi kesalahan dalam mengelola ambisi ini akan mengeurangi gairah kita dalam bekerja.
Kelola ambisi kita dengan mencari tahu siapa yang mau kita buat tertarik dengan kita seperti atasan kita atau line manager yang lain serta atasan dari atasan kita serta bagaimana membuat mereka tertarik. Seimbangkan usaha kita dengan imbalan dengan memastikan usaha kita tidaklah terlalu berat tetapi memberikan impact yang cukup besar bagi mereka

2. Tentukan Tujuan dalam bekerja
Tujuan yang kabur dan tidak jelas adalah faktor penurun motivasi kerja yang utama dimana kita tidak memiliki arah ingin menjadi apa kita di perusahaan kita bekerja dalam 5 atau 10 tahun mendatang. Jika sudah tahu arahnya, minta atasan kita untuk mendelegasikan pekerjaannya pada kita dan buatlah atasan kita puas dengan terlebih dahulu mendapatkan arah yang jelas bagaimana kita mengerjakan tugasnya tersebut, kapan datelinenya, dan introspeksi apakah kita memerlukan bantuan dalam mengerjakan tugas tersebut. Semakin meningkatnya kepuasan atasan akan membawa kita melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, semakin kita melangkah dan semakin dekat kita pada tujuan kita akan membuat kita memiliki motivasi kerja yang maksimal

3. Cari Pengalaman dan Pengetahuan baru dalam Bekerja
Jika kita mendapatkan sebuah pekerjaan yang cukup menantang dari atasan dan kita tidak tahu bagaimana cara mengerjakannya atau kita merasa melakukan hal yang sama tanpa ada sesuatu yang baru pastinya akan menurunkan motivasi kerja kita. Yang perlu dilakukan adalah dengan mencari tahu siapa orang yang bisa melakukan pekerjaan tersebut atau mencari cara baru dalam mengerjakan pekerjaan yang kita lakukan kemudian lakukan hal tersebut dalam pekerjaan kita. Gunakan semua sumber yang ada mulai dari teman sekantor, buku, website sampai teman untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan atas pekerjaan kita. hematlah waktu untuk mendapatkan pengetahuan dari semua sumber serta belajar dari kesalahan yang ada.

4. Tentukan Batas
Terlalu lama berada di kantor bahkan terkadang sampai jam 8 malam setiap hari juga dapat menurunkan motivasi kerja kita. Jika kita merasa terlalu lama berada di kantor berarti ada dua kemungkinan, antara kita terlalu tenggelam dalam pekerjaan kita atau tidak melakukan pekerjaan kita dengan benar.
Kuncinya untuk hal ini adalah tegas dalam menentukan waktu untuk pekerjaan kita. Tetapkanlah waktu untuk datang bekerja dan pulang kerja kemudian tegaslah juga dalam menentukan pekerjaan. Tegas dalam menentukan waktu untuk bekerja dan bergaul dengan keluarga dan lingkungan serta yang terpenting adalah tegas dalam menentukan batas antara kerjaan kita dan kerjaan orang lain, memang kita semua bekerja dalam sebuah team yang besar maka pastikan semua team memiliki kontribusi jangan kita semua yang mengerjakan pekerjaan team kita.

5. Push the Limits
Terkadang kita sibuk untuk mendevelop orang lain tetapi lupa untuk mendevelop diri sendiri. Buatlah plan untuk mendevelop diri sendiri, cari waktu untuk menentukan apa yang kita kejar dalam hidup ini dan apa yang mau kita perbuat atas kehidupan kita.

Semoga tips ini dapat membantu memaksimalkan motivasi kerja kita sehingga produktivitas kita juga menjadi optimal

No comments: