Implementasi Harga dalam Penjualan

Dalam dunia penjualan, harga merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan perkembangan penjualan suatu produk. Kesalahan dalam menetukan harga maupun dalam mengimplementasikan harga di pasar akan mengakibatkan menurunnnya penjualan suatu produk disertai berkurangnya kepercayaan konsumen dan pelanggan.

Implementasi harga yang dilakukan salesman memainkan peranan yang sangat vital, hal ini didasari oleh banyaknya tipe pelanggan yang dimiliki beserta jalur distribusi yang dilalui suatu produk. 2 hal yang perlu dilakukan oleh salesman dalam mengimplementasikan harga di pasar adalah sebagai berikut:

  • Struktur harga yang stabil dan seimbang

    Pelanggan mempunyai tipe - tipe tersendiri, beberapa orang menyebutnya segment atupun channel untuk kelompok pelanggan yang memiliki tipe serupa. Ada pelanggan yang aktif mengunjungi pelanggannya, ada pula yang pasif menunggu pelanggan di tokonya, ada pelanggan yang menjual pada konsumen ada pula yang melakukan penjualan kembali kepada pelanggan yang lebih kecil. Tipe – tipe pelanggan ini sebaiknya dipelajari karena sangat menentukan harga jual kita kepada mereka.

    Berangkat dari harga jual kita kepada konsumen akhir, kemudian kita menentukan keuntungan yang relative menarik untuk tiap pelanggan dalam menetukan harga jual pada tiap tipe outlet. Biasanya outlet dengan tipe wholesaler / grosir akan mendapat margin yang lebih tinggi, karena aktif dan melakukan penjualan kembali.

    Hal yang perlu diperhatikan adalah pemberian keuntungan pada tipe outlet tadi harus seimbang, jikalau terlalu besar keuntungan pada grosir dibandingakan dengan tipe outlet yang lebih kecil maka harga di pasar akan kacau dan pelanggan yang lebih kecil tersebut akan memilih membeli dari grosir dibandingkan salesman.

  • Harga sama di semua toko

    Salesman memiliki pelanggan, begitu pula grosir dan tipe pelanggan aktif lainnya. Tujuan utamanya adalah jangan sampai harga rusak di pasar sehingga sebagai salesman dengan struktur harga yang stabil dan seimbang di atas, harga kan menjadi sama di konsumen akhir salesman dan grosir. Sedangkan untuk pelanggan yang menjual langsung pada konsumen ada baiknya kita mencantumkan harga jual kita baik langsung melekat di produk maupun pada rak pajangan produk.


     

Inti dari implementasi harga adalah bagaimana kita menerapkan harga di toko sedemikian rupa sehingga konsumen akan mendapatkan harga yang sama dari semua sumber yang ada baik salesman maupun toko lain yang lebih besar. Kesalahan dalam implementasi harga ini akan mengakibatkan harga menjadi kacau dan konsumen akan berkurang kepercayaannya terhadap produk kita.

No comments: