4 langkah sederhana untuk meningkatkan loyalitas pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah asset yang sangat berharga bagi setiap perusahaan. Pelanggan dengan tipe seperti ini akan menjamin kelangsungan hidup suatu produk melalui pembelian yang teratur, keinginan untuk meningkatkan konsumsi atau penjualan di toko sampai pada memberikan informasi kegiatan pesaing.

Membuat pelanggan yang loyal tidaklah mudah karena melalui sebuah proses. Diawali dengan pelanggan mengenal produk, meyakini produk, respect terhadap produk tersebut dan berakhir dengan loyalitas terhadap produk. Berkaitan dengan ini , banyak hal yang dilakukan perusahaan untuk membuat pelanggannya loyal, bahkan terkadang menghabiskan banyak uang dalam melakukan promosi konsumen baik secara langsung melalui pemberian hadiah maupun secara tidak langsung melalui iklan di media.

Sebagai salesman, kita juga punya peran yang penting dalam proses peningkatan loyalitas pelanggan. Hal ini disebabkan pelanggan bukan hanya melihat produk tetapi juga salesman yang menjual produk tersebut, keahlian kita dalam melalukan hubungan dengan pelanggan merupakan kunci terpenting dalam proses ini.

Ada 4 langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh salesman dalam meningkatkan loyalitas pelanggan:

  • Senyum

    Senyum itu masih gratis, dan senyum akan membuat lawan bicara kita senang. Tersenyumlah selalu pada setiap kunjungan, awali kunjungan dengan senyum dan menanyakan kabar pelanggan sambil menjabat tangannya, tersenyumlah kembali pada saat pelanggan melakukan complain atau mengajak diskusi dan terakhir tersenyumlah pada saat akan meninggalkan pelanggan sambil menginformasikan jadwal kunjungan berikutnya.

  • Ingatlah profile pelanggan

    Profile termasuk nama pelanggan, tanggal lahirnya dan jika perlu tipe seperti apa pelanggan anda, apakah tipe yang aktif atau passive, aggressive atau butuh sanjungan. Semakin dalam pengetahuan dalam profile pelanggan akan memudahkan salesman dalam proses penjualan.

    Selalu menyebut nama pelanggan anda dibandingkan dengan memanggil Pak, Bu, om atau tante pada percakapan akan memberikan nilai tambahan bagi anda, apalagi jika memberikan ucapan sederhana pada saat ulang tahun pelanggan

  • Jangan hanya berbicara mengenai produk anda

    Pada awal kunjungan sebaiknya kita tidak berbicara mengenai penjualan produk kita dahulu. Hal ini akan membuat pelanggan menganggap kita sebagai salesman biasa dan terkesan egois. Bicarakan hal lain dulu seperti isu terkini di pasar atau menanyakan kabar bisnis pelanggan sehingga menimbulkan kesan kita perduli dengan bisnisnya.

    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan pernah memberikan komentar negative atas produk pesaing karena akan menurunkan kredibilitas kita di mata pelanggan, berikan pandangan yang proporsional dengan memberikan penilaian negative dan positif.

  • Berikan saran untuk meningkatkan bisnis pelanggan

    Semakin dekat kita pada pelanggan, maka semakin dalam pembicaraan kita dengannya. Pada saat ini pelanggan akan bercerita mengenai bisnisnya serta masalah dan halangan yang dihadapi. Jangan sia – siakan kesempatan ini, manfaatkanlah dengan memberi saran untuk mengatasi masalah yang ada. Anda bisa menggunakan referensi dari pengalaman dan pengetahuan yang anda dapatkan atau pengalaman positif dari pelanggan lain yang memiliki masalah yang serupa.

Meningkatkan loyalitas pelanggan sangat penting, dan ada cara yang bisa kita tempuh sebagai salesman tanpa memerlukan investasi atau biaya yang besar. Hal – hal sederhana yang kita lakukan dengan tulus dan senang hati akan meningkatkan loyalitas pelanggan kita.

No comments: