Tips Ampuh Menghadapi Penolakan Pembeli

Sebagai seorang salesman,tentu saja seiring dengan bertambahnya konsumen yang membeli produk kita begitu juga dengan bertambahnya calon pembeli yang menolak untuk membeli produk kita yang sebenarnya jika jumlah penolakan ini dapat kita kurangi tentu saja akan meningkatkan penjualan kita.
Menghadapi calon pembeli yang cenderung menolak ini memang sulit, disaat kita sudah dapat mengidentifikasi kebutuhannya dan meselaraskannya dengan produk kita dan saat itu kita sudah merasa bahwa calon pembeli akan membeli produk kita...ternyata sebaliknya, mereka menolak dengan berbagai alasan mulai dari harga, fitur produk sampai layanan purna jual.
Tapi Ingat sebagai tenaga penjual tujuan utama kita adalah win - win dengan pembeli, maka sebaiknya kita harus bisa memecahkan concern dari pembeli kita dengan hati - hati agar keputusannya dapat berubah sesuai dengan keinginan kita. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita ambil dalam hal tersebut :

1. Jangan Membantah
Calon pembeli adalah teman kita dan kita ingin menjalin hubungan baik yang baik dan berlangsung lama dengan mereka. Jadi jangan membantah mereka dengan mengatakan mereka salah dan kita yang benar. Meskipun memang kita benar karena kita lebih menguasai produk kita tetapi mereka pasti punya pandangan tersendiri. membantah bukanlah hal yang baik untuk dilakukan saat menghadapi penolakan calon pembeli.

2. Tanya Alasan Penolakan
Tanya dengan baik alasan utama calon pembeli menolak untuk membeli produk kita dan pastikan saat itu kita menjadi pendengar yang baik untuk mendapatkan alasannya dengan lengkap.

3. Tunjukkan Empati
Setelah mendapatkan alasan utama, maka kita harus bisa menempatkan posisi kita pada dirinya atas alasan utama calon pembeli dalam membeli produk kita sampai mereka merasa kita benar - benar faham atas alasannya tersebut. dengan menempatkan diri pada pandangan yang sama dengan calon pembeli akan membuat mereka merasa satu pihak dengan kita dan bukan yang bersebrangan.

4. Tanyakan Kembali atas Pembelian Produk Kita
Setelah kita mengetahui alasan utama calon pembeli dengan berempati , maka dengan mudah kita dapat menjawab masalah utama mereka dalam melakukan pembelian dengan kita. Setelah itu maka langkah terakhir adalah menawarkan kembali pada calon pembeli atas produk kita.

No comments: